MENYUSUN FORMAT DOKUMEN PENGOLAH KATA

By Unknown - Oktober 02, 2017

A.    PENGENALAN SOFTWARE PENGOLAH KATA
Software word processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki keistimewaan dan lebih profesional dibandingkan program teks yang sudah ada.
Dalam sistem operasi berbasis teks , seperti DOS (Disk Operating System) kita bisa memanfaatkan perintah COPY CON , untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi berbasis GUI, seperti Windows sebenarnya sudah ada Notepad maupun Wordpad yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun, karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan objek-objek lain yang semakin kompleks, akhirnya harus dipergunakan software yang benar-benar bisa memenuhinya.
Ciri khas software pengolah kata secara umum adalah pengolahan karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk suatu halaman dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.
Kemampuan utama software pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (formatting), penambahan, penghapusan, penyimpanan, dan pencetakan.

1.      Mempersiapkan Software Pengolah Kata
Software pengolah kata yang paling sering digunakan saat ini adalah Microsoft Word (MS Word). Oleh karena itu, modul ini akan membahas aplikasi Microsoft Word 2013 beserta langkah-langkah pengoperasiannya. Asumsikan bahwa sebagian besar aplikasi yang lain juga memiliki fasilitas serta fitur-fitur yang sebagian besar sama dengan MS Word.
Dalam lingkungakn Windows kita bisa menjalankan sebuah aplikasi yang sudah terinstal melalui beberapa cara, antara lain :
a.       Melalui Start Menu
Untuk menjalankan aplikasi Microsoft Word 2013, langkah-langkahnya adalah sebagai beirkut.

Klik Start → All Programs → Microsoft Office → Microsoft Word 2013
















a.      Melalui Shortcut
Kita harus terlebih dahulu membuat shortcut Microsoft Word 2013. Aplikasi Microsoft Word 2013 dijalankan dengan mengklik ganda shortcut yang terdapat pada desktop.


Mengenal Lingkungan Kerja
a.      Menu dan Toolbar
Menu menampilkan sekumpulan perintah. Beberapa diantaranya, selain berupa teks juga memiliki gambar (ikon) yang menjadi simbolnya sehingga mudah mengasosiasikan keduanya. Sebagian besar menu terletak pada menubar. Sedangkan, Toolbar adalah sebuah baris memanjang yang terdiri dari ikon-ikon yang mereprestasikan fungsi dari suatu menu.

Gambar 3. Menubar

Berikut ini adalah daftar ikon-ikon pada toolbar beserta dengan fungsinya :








  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Iron Chested Spades - Classic Spades - TiogaArt
    Steel-walled Spades will add more muscle titanium uses to your favorite game. Classic titanium tent stove spades with a padded sleeve omega seamaster titanium and titanium meaning a titanium wood stoves leather strap.

    BalasHapus